Prof. Dr. Dwi Rukmini M. Pd. Kembali


Nomor Induk Pegawai : 195104151976032001
Email : wiwidwirukmini@mail.unnes.ac.id
Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas : FBS
Jabatan Fungsional : Profesor

Jenjang Program Studi Universitas Kota Negara Tahun Lulus
S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Terbuka Semarang Indonesia 1988
S2 Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Semarang Semarang Indonesia 2000
S3 Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Semarang Semarang Indonesia 2007

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN CLASSROOM ENGLISH MAHASISWA
Tahun 2018, PKPT
THE REVIEW OF LITERATURE IN THE DISSERTATION: THE CASE OF SEMARANG STATE UNIVERSITY POST GRADUATE LANGUAGE DEPARTMENT
Tahun 2018, Hibah Pengembangan Keilmuan
PENGEMBANGAN PENILAIAN BAHASA INGGRIS HOT PROJECT, PROBLEM SOLVING DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA SMA
Tahun 2018, Penelitian Tim Pasca Sarjana
WACANA PLURALISME DI MEDIA SOSIAL
Tahun 2017, Penelitian Kelembagaan (Fakultas)
GENRE DAN REGISTER SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG: SEBUAH KAJIAN LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK ATAS TEKS DAN PRAKTIK
Tahun 2017, Penelitian Dosen Pemula (Fakultas)
THE CONSERVATION PRACTICE COMPARATION BETWEEN KANAZAWA (KU) AND SEMARANG STATE UNIVERSITIES (UNNES)
Tahun 2017, Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional (Fakultas)


Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
THE AUTHENTIC ASSESSMENT TO MEASURE STUDENTS’ ENGLISH PRODUCTIVE SKILLS BASED ON 2013 CURRICULUM
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2301-9468, Nama Jurnal: Indonesian Journal of Applied Linguistics, Volume: Vol 7, No, Nomor: 2, Edisi: September 2017, Halaman: pp. 263-273, Penerbit Jurnal: UPI, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-09-29, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL
THE ANALYSIS OF STUDENTS’ LISTENING PROFICIENCY VIEWED FROM THEIR DIFFERENT LEARNING STYLES AFTER GETTING THE STRATEGY INSTRUCTIONS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1799-2591, Nama Jurnal: Theory and Practice in Language Studies, Volume: 7, Nomor: 12, Edisi: 1, Halaman: 1200-1209, Penerbit Jurnal: Academy Publication, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-12-03, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.academypublication.com/ojs/index.php/tpls/article/download/tpls071212001209/1333
THE EFFECTIVENESS OF STRATEGY-BASED READING INSTRUCTION (SBRI) FOR TEACHING READING AND THE STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD THE INSTRUCTION
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2278-4012, Nama Jurnal: International Journal of English and Education, Volume: 6, Nomor: 3, Edisi: July, Halaman: 213-228, Penerbit Jurnal: International Journal of English and Education, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://ijee.org/vol6issue_3
Publikasi di Jurnal internasional terindeks pada database internasional
MAIN USERS' EVALUATION OF THE ENGLISH E-BOOK FOR SEVEN GRADERS IN SECONDARY EDUCATION
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1948-5425, Nama Jurnal: International Journal of Linguistics, Volume: 9, Edisi: February, 2017, Nomor: 28022017, Halaman: 104-116, Penerbit Jurnal: Macrothink Institute, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-02-28, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://dx.doi.org/105296/ijl.v9i1.xxx
Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
THE LINGUISTIC PROBLEMS OF STUDENTS’ COMPETENCE IN WRITING BUSINESS LETTERS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Language Circle , ISSN: 1858-0165, Volume: XI, Edisi: April 2017, Nomor: 2, Halaman: 117-126, Penerbit Jurnal: FBS UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-04-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://journal.unnes.ac.id

Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks pada Database Internasional Bereputasi
STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USEFULNESS OF ICT-BASED LANGUAGE PROGRAM
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1916-4750, Nama Jurnal: English Language Teaching, Volume: 11, Edisi: 2018, Nomor: 2, Halaman: 1-8, Penerbit Jurnal: Canadian Center of Science and Education, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-02-01, Pengindeks Jurnal: Thompson Reuters, URL Artikel: http://doi.org/10.5539/elt.v11n2p
THINKING CRITICALLY WHILE STORYTELLING: IMPROVING CHILDREN’S HOTS AND ENGLISH ORAL COMPETENCE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2502-6747, Nama Jurnal: INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS, Volume: 8, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 189-197, Penerbit Jurnal: Universitas Pendidikan Indonesia, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-05-31, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL/about/editorialPolicies#custom-2
THE FUNCTIONAL SEMANTIC REINTERPRETATION OF COMMUNICATION STRATEGIES IMPLEMENTED IN JOB INTERVIEWS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2251-6204, Nama Jurnal: Modern Journal of Language Teaching Methods , Volume: 8, Edisi: 2018, Nomor: 12, Halaman: 893-918, Penerbit Jurnal: Modern Journal of Language Teaching Methods , Tanggal Terbit Jurnal: 2018-12-01, Pengindeks Jurnal: Thompson Reuters, URL Artikel: https://mjltm.org/article-1-354-en.pdf
THE IMPACT OF COMPREHENSION INSTRUCTION ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION WITH DIFFERENT ABILITY GROUPING AND SELF-EFFICACY
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2094-3938, Nama Jurnal: TESOL International Journal, Volume: 14, Edisi: 2018, Nomor: 4, Halaman: 156-170, Penerbit Jurnal: TESOL International Journal, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-12-28, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://www.tesol-international-journal.com/volume-13-issue-4-2018/
THE LEARNERS PERCEIVE OF WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK IN WRITING MULTICULTURAL CLASS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2352-5398, Nama Jurnal: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume: 247, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 537-542, Penerbit Jurnal: Atlantis Press, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-10-01, Pengindeks Jurnal: Thompson Reuters, URL Artikel: https://www.atlantis-press.com/proceedings/iset-18/55910693
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
DEVELOPING A MODEL OF MULTIPLE INTELLIGENCE-BASED MATERIALS FOR TEACHING ENGLISH IN ELEMENTARY SCHOOL
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: The Journal of Educational Development, ISSN: 2085-4943, Volume: 6, Edisi: online, Nomor: 1, Halaman: 102-109, Penerbit Jurnal: Postgraduate of Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-02-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jed
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
THE ABUSE OF SYMPATHETIC POWER TO COUNTER HEGEMONY
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: 2nd ELLiC Proceedings: 'Education 4.0: Trends and Future Perspectives in English Education, Linguist, Institusi Penyelenggara: Universitas Muhamdiyah Semarang, ISSN: pISSN (print): 1412-, Dimulai Tanggal: 2018-07-13, Diakhiri Tanggal: 2018-07-13, Tempat Pelaksanaan: Semarang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat Internasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
THE LITERATURE REVIEW IN THE DISSERTATION THE LANGUAGE EDUCATION OF "UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG"
Nama Seminar: The 5th English Language Teaching,Literature, and Translation International Conference-2018, Institusi Penyelenggara: UNNES in collaboration with AWEJ, Dimulai Tanggal: 2018-10-06, Diakhiri Tanggal: 2018-12-07, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Gracia Hotel Semarang

Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks pada Database Internasional Bereputasi
THE EFFECTIVENESS OF E-6TSLEARNING IN TEACHING READING FOR ACADEMIC PURPOSES TO THE STUDENTS WITH DIFFERENT LEARNING STYLES
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2229-9327, Nama Jurnal: Arab World English Journal (AWEJ), Volume: 10, Edisi: 2019, Nomor: 1, Halaman: 94-104, Penerbit Jurnal: Arab World English Journal, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-03-01, Pengindeks Jurnal: Thompson Reuters, URL Artikel: http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3367528
EFFECT OF FOCUSED AND UNFOCUSED FEEDBACK ON LEARNERS’ WRITING ACCURACY WITHIN DIFFERENT GENDER AND CULTURAL BACKGROUND GROUPS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2229-9327, Nama Jurnal: Arab World English Journal (AWEJ), Volume: 10, Edisi: 2019, Nomor: 3, Halaman: 382-400, Penerbit Jurnal: Arab World English Journal, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-09-03, Pengindeks Jurnal: Thompson Reuters, URL Artikel: https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol10no3.27
THE IMPLEMENTATION OF COMMUNICATION STRATEGIES TO EXCHANGE AND NEGOTIATE MEANINGS IN A SIMULATION OF JOB INTERVIEW
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1923-8703, Nama Jurnal: International Journal of English Linguistics, Volume: 9, Edisi: 2019, Nomor: 4, Halaman: 241-251, Penerbit Jurnal: Canadian Center of Science and Education, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-07-03, Pengindeks Jurnal: Thompson Reuters, URL Artikel: http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ijel/article/view/0/40014
THE RELATIONSHIP BETWEEN DIFFERENT SOURCES OF FEEDBACK AND LEARNING MOTIVATION ON LEARNERS’ WRITING PERFORMANCE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 0193-4120, Nama Jurnal: TEST Engineering & Management, Volume: 81, Edisi: 2019, Nomor: December, Halaman: 4408 - 4420, Penerbit Jurnal: The Mattingley Publishing Co., Inc., Tanggal Terbit Jurnal: 2019-12-01, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.testmagzine.biz/index.php/testmagzine/article/view/592/531
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
THE REALIZATION OF REFUSAL STRATEGIES IN POLITICAL INTERVIEWS USED BY DONALD TRUMP--THE PRESIDENT OF THE UNITED STATES OF AMERICA
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: English Education Journal, ISSN: 2502-4566, Volume: 9, Edisi: 2019, Nomor: 2, Halaman: 267 - 275, Penerbit Jurnal: Pascasarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-06-20, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej
THE REALIZATION OF DEIXIS IN STUDENTS’ WRITING AT SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: English Education Journal, ISSN: 2502-4566, Volume: 9, Edisi: 2019, Nomor: 4, Halaman: 517 – 526, Penerbit Jurnal: Pascasarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-12-23, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
PROVIDING WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK ON STUDENTS' WRITING ASSIGNMENTS AT IAIN PALANGKA RAYA
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on English Language Teaching ( INACELT), Institusi Penyelenggara: Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Indonesia, ISSN: 2656-4432, ISBN: 978-602-60251-3-5, Dimulai Tanggal: 2018-11-16, Diakhiri Tanggal: 2018-11-17, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-03-01, Tempat Pelaksanaan: IAIN Palangkaraya, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
APPLYING LITERATURE CIRCLE TO TEACHING CRITICAL READING IN THE EFL UNIVERSITY STUDENTS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: The First International Conference on Administration Science (ICAS 2019), Institusi Penyelenggara: Sekolah Tinggi Administrasi Negara-Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Bandung and Persaudaraan D, ISSN: 2352-5398, ISBN: 978-94-6252-780-5, Dimulai Tanggal: 2019-04-30, Diakhiri Tanggal: 2019-04-30, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-08-05, Tempat Pelaksanaan: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Bandung Jl. Cimandiri 34-38 Bandung, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: WoS (Thomson)
THE SHIFTING OF LECTURERS BELIEFS IN WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 1st International Conference on Administration Science (ICAS 2019), Institusi Penyelenggara: Sekolah Tinggi Administrasi Negara-Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Bandung and Persaudaraan D, ISSN: 2352-5398, ISBN: 978-94-6252-780-5, Dimulai Tanggal: 2019-04-30, Diakhiri Tanggal: 2019-04-30, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-08-05, Tempat Pelaksanaan: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Bandung Jl. Cimandiri 34-38 Bandung, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: WoS (Thomson)
Menulis artikel yang dimuat dalam prosiding internasional tetapi tidak diseminarkan
APPLYING LITERATURE CIRCLE TO TEACHING CRITICAL READING IN THE EFL UNIVERSITY STUDENT
Nama Seminar: 1st International Conference on Administration Science (ICAS 2019), Institusi Penyelenggara: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Bandung, Dimulai Tanggal: 2019-04-30, Diakhiri Tanggal: 2019-04-30, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Bandung Jl. Cimandiri 34-38 Bandung

Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
INTEGRATING EDMODO INTO ENGLISH INSTRUCTION: STUDENTS' PERCEPTIONS AND ITS CONTRIBUTION TO AUTONOMOUS LEARNING
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2277-8616, Nama Jurnal: International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), Volume: 9, Nomor: 2, Edisi: February 2020, Halaman: 1590-1595, Penerbit Jurnal: Elsevier, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-02-02, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0120-29375
EXPLORING THE CONSTRUCTIVIST MENTORING PROGRAM IN DEVELOPING EFL TEACHER PROFESSIONALISM: A QUALITATIVE APPROACH
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2502-6747, Nama Jurnal: Indonesian Journal of Applied Linguistics, Volume: 10, Nomor: 1, Halaman: 132-142, Penerbit Jurnal: UPI, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-05-01, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL/article/view/25021
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
PRESUPPOSITION TRIGGERS OF TEACHER TALK IN HIGHER EDUCATION INSTITUTION
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: English Education Journal, ISSN: 2502-4566, Volume: 10, Edisi: 1, Nomor: 1, Halaman: 1-8, Penerbit Jurnal: Pascasarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-03-15, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej/article/view/32940
Presentasi di seminar nasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN SOCRATIVE SEBAGAI MEDIA PENILAIAN INTERAKTIF
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA UNNES 2019, Institusi Penyelenggara: PASCASARJANA UNNES, ISSN: 2686-6404, Dimulai Tanggal: 2019-11-16, Diakhiri Tanggal: 2019-11-16, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-01-29, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: KAMPUS PASCASARJANA UNNES