Prof. Dr. Sarwi M. Si. Kembali


Nomor Induk Pegawai : 196208091987031001
Email : sarwi_dosen
Program Studi : Pendidikan Fisika
Fakultas : FMIPA
Jabatan Fungsional : Profesor

Jenjang Program Studi Universitas Kota Negara Tahun Lulus
S1 Pendidikan Fisika IKIP Semarang Kota Semarang Indonesia 1985
S2 Ilmu-ilmu MIPA Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Indonesia 1999
S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Indonesia 2010

OPTIMALISASI PERAN AKADEMIKA PRODI S-2 PENDIDIKAN DASAR DALAM MENYIAPKAN BIG DATA AKREDITASI UNGGUL
Tahun 2019, Penelitian Kelembagaan (Fakultas)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENGEMBANGKAN LIFE SKILL DAN KARAKTER SISWA ABAD 21
Tahun 2019, Penelitian Disertasi Doktor
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENGEMBANGKAN LIFE SKILL DAN KARAKTER SISWA ABAD 21
Tahun 2018, Penelitian Tim Pasca Sarjana
PENGEMBANGAN ASESMEN SAINS BERORIENTASI NEXT GENERATION SCIENCE STANDARDS UNTUK PENINGKATAN SCIENTIFIC AND LITERACY SKILLS
Tahun 2018, Hibah Pengembangan Keilmuan
OPTIMALISASI PERAN DOSEN WALI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TERHADAP MAHASISWA YANG PERKULIAHAANNYA MELEBIHI 10 SEMESTER
Tahun 2017, Penelitian Tema Kependidikan (Dosen Senior) - (Fakultas)
PROFIL ALUMNI PRODI S2 PENDIDIKAN DASAR DALAM MENGANTISIPASI KEBUTUHAN TENAGA EDUKATIF ABAD 21
Tahun 2017, Penelitian Kelembagaan


Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
PHYSICS STRUCTURE ANALYSIS OF PARALLEL WAVES CONCEPT OF PHYSICS TEACHER CANDIDATES
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1742-6596, Nama Jurnal: Journal of Physics, Volume: 824, Nomor: 012011, Edisi: 2017, Halaman: 1-6, Penerbit Jurnal: International Journal of Physics (IOP), Tanggal Terbit Jurnal: 2017-06-01, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://scimagojr.com/journalsearch.php?q=130053&tip=sid&clean=0
Publikasi di Jurnal internasional terindeks pada database internasional
PHYSICS STRUCTURE ANALYSIS OF PARALLEL WAVES CONCEPT OF PHYSICS TEACHER CANDIDATE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1742-6588, Nama Jurnal: Journal of Physics Conference Series, Volume: 824, Edisi: 2017, Nomor: 012011, Halaman: 1-7, Penerbit Jurnal: Institute of Physics, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-06-01, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://scimagojr.com/journalsearch.php?q=130053&tip=sid&clean=0

Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks pada Database Internasional Bereputasi
THE PROFILE OF CONCEPT MASTERY AND SCIENTIFIC LITERACY SKILLS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN FORCE THEME
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2352-5398, Nama Jurnal: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume: 247, Nomor: 1, Halaman: 59-64, Penerbit Jurnal: Atlantis Press, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-09-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: https://www.atlantis-press.com/proceedings/iset-18/55910598
EVALUATION AND RECONSTRUCTION OF ENVIRONMENTAL PHYSICS COURSES.
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1306-3065, Nama Jurnal: International Journal of Environmental and Science Education, Volume: 13, Nomor: 10, Halaman: 845-851, Penerbit Jurnal: LOOK Academic Publishers Open access , Tanggal Terbit Jurnal: 2018-12-18, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://www.google.com/search?safe=strict&source=hp&ei=n0KjXY25MJb8rQH366bICg&q=www.ijese.net%2Fmakale%2F2092+in+International+Journal+of+Environmental+and+Science+Education+%28IJESE%29%2C+v.+issue+10%2C+2018%2C+pp.845-851&oq=www.ijese.net%2Fmakale%2F2092, Edisi: 2018
Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
LEARNING OF PHYSICS WITH SCIENTIFIC APPROACH IN BOYOLALI REGENCY HIGH SCHOOL
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovative Science Education, ISSN: 2502-4523, Volume: 7, Nomor: 2, Halaman: 305-311, Penerbit Jurnal: Pascasarjana Unnes, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-07-27, Pengindeks Jurnal: Tidak Terindeks, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
THE ANALYSIS OF SCIENTIFIC COMMUNICATIONS AND STUDENTS' CHARACTER DEVELOPMENT THROUGH GUIDED INQUIRY LEARNING
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Mathematics, Science and Education (ICMSE) 2017, Institusi Penyelenggara: FMIPA Universitas Negeri Semarang, ISSN: 1742-6596, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2017-09-18, Diakhiri Tanggal: 2017-09-19, Tanggal Terbit Prosiding: 2018-06-15, Tempat Pelaksanaan: Aston Hotel Semarang, Indonesia, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
IDENTIFICATION OF INDIGENOUS SCIENCE IN THE BRICK-MAKING PROCESS THROUGH ETHNOSCIENCE STUDY
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Mathematics, Science and Education 2017 , Institusi Penyelenggara: FMIPA Unnes, ISSN: 17426588, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2017-09-18, Diakhiri Tanggal: 2017-09-19, Tanggal Terbit Prosiding: 2018-06-30, Tempat Pelaksanaan: Semarang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
GROUNDING PHYSICS AND ITS LEARNING FOR BUILDING GLOBAL WISDOM IN THE 21STCENTURY
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional Fisika SNF 2018 UNESA, Institusi Penyelenggara: Universitas Negeri Surabaya, ISBN: 1171 (2019) 012001, Dimulai Tanggal: 2018-08-11, Diakhiri Tanggal: 2018-08-11, Tanggal Terbit Prosiding: 0000-00-00, Tempat Pelaksanaan: Universitas Negeri Surabaya, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
Presentasi di seminar nasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
INTEGRASI SAINS ISLAMI BIDANG PENDIDIKAN MEMBENTUK KARAKTER POSITIF DI ERA DIGITAL
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional Pendidikan Fisika, Institusi Penyelenggara: FITK UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, ISSN: 2615-2789, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2018-02-23, Diakhiri Tanggal: 2018-02-24, Status: Keynote Speaker/Invited, Tempat Pelaksanaan: Wonosobo Jawa Tengah Indonesia

Publikasi di Jurnal internasional terindeks pada database internasional
THE EFFECT OF ETHNOSCIENCE BASED CONTEXTUAL LEARNING TOWARD STUDENTS’ LEARNING ACTIVITY
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2252-6404, Nama Jurnal: Journal of Primary Education, Volume: 8, Edisi: 1, Nomor: 2, Halaman: 152-160, Penerbit Jurnal: Journal of Primary Education, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-08-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
THE INTEGRATION OF CHARACTER EDUCATION IN JUNIOR HIGH SCHOOL MATHEMATICS CURRICULUM BASED ON THE ATONG (AMATI TANYA OLAH NALAR DAN GAGAS) APPROACH
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: journal of Primary Education, ISSN: p-ISSN 2252-6404 , Volume: 10 (2) , Edisi: khusus, Nomor: 2, Halaman: 133 – 142, Penerbit Jurnal: Jurusan Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES), Tanggal Terbit Jurnal: 2019-09-30, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/34310/14285
THE DEVELOPMENT OF CIREBON ETHNOSCIENCE-BASED THEMATIC-INTEGRATED BOOK OF “SELALU BERHEMAT ENERGI”
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Primary Education , ISSN: 2252-6404, Volume: 8, Edisi: 2019, Nomor: 1, Halaman: 16-23, Penerbit Jurnal: Pascasarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-04-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25704
THE EFFECT OF ETHNOSCIENCE BASED CONTEXTUAL LEARNING TOWARD STUDENTS’ LEARNING ACTIVITY
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Primary Education, ISSN: 2252-6404, Volume: 8, Edisi: Agustus 2019, Nomor: 2, Halaman: 152-160, Penerbit Jurnal: Pascasarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-08-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25688
Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MATERI TATA SURYA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Physics Education Journal, ISSN: 2252-6935, Volume: 6, Edisi: November 2017, Nomor: 3, Halaman: 7-16, Penerbit Jurnal: Unnes Journal, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-11-19, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/19308
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO IMPROVE THE CONCEPTUAL UNDERSTANDING AND SCIENTIFIC WORK SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN CENTRAL JAVA
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: UNNES Physics International Symposium (UPIS) 2018, Institusi Penyelenggara: Jurusan Fisika FMIPA UNNES, ISSN: 1742-6596, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2018-05-03, Diakhiri Tanggal: 2018-05-04, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-03-01, Tempat Pelaksanaan: Auditorium FMIPA UNNES, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
BUILDING PHYSICS LEARNING OF GLOBAL WISDOM IN 21ST CENTURY
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional Fisika Universitas Negeri Surabaya (UNESA) 2018 , Institusi Penyelenggara: Jurusan Fisika FMIPA UNESA, ISSN: 1742-6596, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2018-08-11, Diakhiri Tanggal: 2018-08-12, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-02-05, Tempat Pelaksanaan: Auditorium FMIPA UNESA, Status Partisipasi: Keynote Speaker/Invited, Pengindeks Prosiding: Scopus
PILOT PROJECT INTERVENTION OF NUTRITION AND HEALTH EDUCATION FOR MOTHER AND PROVISION OF ENERGY-DENSE COOKIES IN EARLY CHILDHOOD TO IMPROVE THEIR NUTRITIONAL STATUS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 1st Vocational Education International Conference (VEIC 2019), Institusi Penyelenggara: FT UNNES, ISBN: 978-94-6252-865-9, Dimulai Tanggal: 2019-04-30, Diakhiri Tanggal: 2019-04-30, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-12-19, Tempat Pelaksanaan: Dekanat Lt 3 Fakultas Teknik UNNES, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: WoS (Thomson)
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat Internasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
CONCEPT MASTERY OF ETHNOSCIENCE-BASED INTEGRATED SCIENCE AND ELEMENTARY STUDENTS' LIFE SKILLS USING GUIDED INQUIRY
Nama Seminar: 5th International Conference on Science , Education, and Technology (ISET) 2019, Institusi Penyelenggara: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Dimulai Tanggal: 2019-06-29, Diakhiri Tanggal: 2019-06-29, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: UTC Hotel Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat nasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
OPTIMALISASI PERAN AKADEMIKA PRODI S-2 PENDIDIKAN DASAR DALAM MENYIAPKAN BIG DATA AKREDITASI UNGGUL
Nama Seminar: SEMINAR NASIONAL, Institusi Penyelenggara: PASCASARJANA UNNES, Dimulai Tanggal: 2019-11-16, Diakhiri Tanggal: 2019-11-16, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Pascasarjana UNNES

Publikasi di jurnal Nasional (SINTA 3 - SINTA 6)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Physics Education Journal , ISSN: 2252-6935, Volume: 9, Edisi: April 2020, Nomor: 1, Halaman: 79-88, Penerbit Jurnal: Unnes Physics Education Journal , Tanggal Terbit Jurnal: 2020-04-13, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/38284
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
CONCEPT MASTERY OF ETHNOSCIENCE-BASED INTEGRATED SCIENCE AND ELEMENTARY STUDENTS’ LIFE SKILLS USING GUIDED INQUIRY
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: ISET 2019, Institusi Penyelenggara: PPs. Universitas Negeri Semarang , ISSN: 2352-5398, ISBN: 978-94-6252-979-3, Dimulai Tanggal: 2019-06-29, Diakhiri Tanggal: 2019-06-29, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-06-23, Tempat Pelaksanaan: Hotel UTC Semarang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
HYPOTHETICAL DESIGN OF THE CONTEXTUAL SCIENCE BOOK TO DEVELOP GENERIC SKILLS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: The “5” International Conference on Science, Education, and Technologi (ISET) , Institusi Penyelenggara: Program Pascasarjana UNNES, ISSN: 2593-7650, ISBN: 978-1-63190-216-1, Dimulai Tanggal: 2019-06-29, Diakhiri Tanggal: 2019-06-29, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-01-08, Tempat Pelaksanaan: Semarang-JawaTengah, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
MEDIA DEVELOPMENT OF WATER CYCLE AUGMENTED REALITY MEDIA BASED ON ICT OF SCIENTIFIC APPROACH FOR GRADE V
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 5th International conference on Science, Education, and Technology (ISET) 2019, Institusi Penyelenggara: Pascasarjana UNNES, ISSN: 2352-5398, ISBN: 978-94-6252-979-3, Dimulai Tanggal: 2019-06-29, Diakhiri Tanggal: 2019-06-29, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-06-23, Tempat Pelaksanaan: Hotel UTC Semarang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
THE ANALYSIS OF ETHNOSCIENCE-BASED SCIENCE LITERACY AND CHARACTER DEVELOPMENT USING GUIDED INQUIRY MODEL
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: The 6th International Conference on Mathematics, Science, and Education 2019, Institusi Penyelenggara: FMIPA Universitas Negeri Semarang, ISSN: 1742-6596, ISBN: 978-602-285-176-9, Dimulai Tanggal: 2019-10-09, Diakhiri Tanggal: 2019-10-10, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-07-03, Tempat Pelaksanaan: FMIPA UNNES, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
ETHNOPEDAGOGY ORIENTED LEARNING MODEL
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 5th International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019), Institusi Penyelenggara: Universitas Negeri Semarang, ISSN: 2352-5398, ISBN: 978-94-6252-979-3, Dimulai Tanggal: 2019-06-29, Diakhiri Tanggal: 2019-06-29, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-06-23, Tempat Pelaksanaan: UTC Hotel, Semarang, Indonesia, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya