Dr. Endang Susilaningsih M. S. Kembali


Nomor Induk Pegawai : 195903181994122001
Email : endangsusilaningsih
Program Studi : Pendidikan Kimia
Fakultas : FMIPA
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala

Jenjang Program Studi Universitas Kota Negara Tahun Lulus
S1 KIMIA IKIP NEGERI YOGYAKARTA YOGYAKARTA INDONESIA 1984
S2 MIPA UNIV. GADJAH MADA YOGYAKARTA INDONESIA 1992
S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Universitas Negeri Yogyakarta Yogyakarta Indonesia 2012

INOVASI LEMBAR KERJA PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI PESERTA DIDIK
Tahun 2019, Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi
INTEGRASI BUDAYA JAWA DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BAHAN PANGAN UNTUK MEMBANGUN NILAI KARAKTER DAN PERILAKU KONSERVASI MAHASISWA CALON GURU
Tahun 2017, Penelitian Tema Kependidikan (Dosen Senior) - (Fakultas)
DESAIN MATERI AJAR MULTI REPRESENTASI UNTUK SCIENTIFIC PROBLEM BASE LEANING DAN AUTHENTIC EVALUATION MODEL CBT/ WEB UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP KIMIA
Tahun 2017, Penelitian Tim Pasca Sarjana


Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
CHEMICAL LITERACY OF TEACHING CANDIDATES STUDYING THE INTEGRATED FOOD CHEMISTRY ETHNOSCIENCES COURSE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1304-6020, Nama Jurnal: Journal of Turkish Science Education, Penerbit Jurnal: Ekip Limited, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-09-01, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.tused.org, Volume: 14, Nomor: 3, Halaman: 1-13
Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks pada Database Internasional Bereputasi
IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING WITH GREEN CHEMISTRY VISION TO IMPROVE CREATIVE THINKING SKILL AND STUDENTS’ CREATIVE ACTIONS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2339-1286, Nama Jurnal: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume: 6, Edisi: 2017, Nomor: 2, Halaman: 221-228, Penerbit Jurnal: Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) / Indonesian Society for Science Educators, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-10-17, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/9467
PENULIS KEDUA DARI ARTIKEL : CHEMICAL LITERACY OF TEACHING CANDIDATES STUDYING THE INTEGRATED FOOD CHEMISTRY ETHNOSCIENCES COURSE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1304-6020, Nama Jurnal: Journal of Turkish Science Education, Volume: 14, Edisi: september 2017, Nomor: 3, Halaman: 60-72, Penerbit Jurnal: Journal of TURKISH SCIENCE EDUCATION, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-09-30, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.tused.org
Publikasi di Jurnal internasional terindeks pada database internasional
BASIC SCIENCE PROCESS SKILL ANALYSIS OF BLOCK SYSTEM CHEMICAL PRACTICUM MEASURED WITH PERFORMANCE ASSESSMENT INSTRUMENTS
Progress Publikasi: Submit, ISSN: 2089-9823, Nama Jurnal: Journal of Education and Learning (EduLearn), Volume: -, Edisi: -, Nomor: -, Halaman: 9, Penerbit Jurnal: Universitas Ahmad Dahlan-, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-10-31, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://journal.uad.ac.id/
Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi (SINTA 1 dan SINTA 2)
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP HIDROLISIS-BUFFER MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER MULTIPLE CHOICE
Progress Publikasi: Submit, ISSN: 2338-6061, Nama Jurnal: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan , Volume: -, Edisi: -, Nomor: -, Halaman: 11, Penerbit Jurnal: HEPI Universitas Negeri Yogyakarta, Tanggal Terbit Jurnal: 0000-00-00, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://journal.student.uny.ac.id
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PADA PRESENTASI TUGAS DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENT
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2252-6609, Nama Jurnal: Chemistry in Education, Volume: 6, Edisi: 2017, Nomor: 2, Halaman: 22-28, Penerbit Jurnal: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-10-04, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/18165
Publikasi di jurnal Nasional (SINTA 3 - SINTA 6)
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MULTI REPRESENTASI
Progress Publikasi: Submit, Nama Jurnal: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, ISSN: ISSN Online 2503-124, Volume: -, Nomor: -, Halaman: 11, Penerbit Jurnal: Pendidikan Kimia FMIPA UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/index, Edisi: -
DESAIN MEDIA PETA KONSEP MULTI REPRESENTASI PADA MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS
Progress Publikasi: Submit, Nama Jurnal: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, ISSN: ISSN Online 2503-124, Volume: -, Nomor: -, Halaman: 10, Penerbit Jurnal: Pendidikan Kimia FMIPA UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/index, Edisi: -
PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI
Progress Publikasi: Submit, Nama Jurnal: Chemistry in Education, ISSN: 2252-6609, Volume: -, Nomor: -, Halaman: 12, Penerbit Jurnal: Pendidikan Kimia FMIPA UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-10-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined, Edisi: -
INOVASI MODEL PENILAIAN PROSES PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN AKTIVITAS SISWA
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, ISSN: 1979-0503, Volume: 11, Nomor: 2, Halaman: 1997-2007, Penerbit Jurnal: Jurusan Kimia FMIPA UNNES Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/10624/6484, Edisi: 2017
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
GUIDED INQUIRY-BASED QUESTIONS INTEGRATED PRACTICE WORKSHEETS DESIGN TO IMPROVE LABORATORY SKILLS AND KNOWLEDGE
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovation Science Education, ISSN: 2252.6412, Volume: 6, Edisi: 2017, Nomor: 2, Halaman: 235-242, Penerbit Jurnal: Prodi Ipa Pasca Sarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-11-02, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/issue/view/1194
Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF UNTUK MENGUKUR LITERASI MEMBACA BAHASA INDONESIA BERBASIS MODEL PIRLS PADA SISWA KELAS IV SD
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal Of Educational Research and Evaluation, ISSN: 2252-6420, Volume: 6, Edisi: 2017, Nomor: 1, Halaman: 01- 09, Penerbit Jurnal: PPs UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-08-08, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: htpp://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
THE USE OF MULTIREPRESENTATIVE LEARNING MATERIALS; DEFINITIVE, MACROSKOPIC, MIKROSKOPIC, SIMBOLIC AND PRACTICE IN ANALYZING STUDENTS CONCEP UNDERSTANDING
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: The 4th International Conference on Mathematict, Science and Education (ICMSE), Institusi Penyelenggara: Universitas Nsgeri semarang, ISSN: -, Dimulai Tanggal: 2017-10-18, Diakhiri Tanggal: 2017-10-19, Tempat Pelaksanaan: Aston Hotel and Convention Centre, Semarang, Indonesia, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, ISBN: -
DEVELOPMENT OF PERFORMANCE ASSESSMENT INSTRUMEN BASE CONTEXTUAL LEARNING FOR MEASURING STUDENTS LABORATORY SKILLS
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: The 12th Joint Converence on Chemistry, Institusi Penyelenggara: UNNES, UNDIP, UNS dan UNSUD, ISSN: 012018, Dimulai Tanggal: 2017-10-18, Diakhiri Tanggal: 2017-10-19, Tempat Pelaksanaan: Hotel Aston Connian Centre, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, ISBN: 012018
Presentasi di seminar nasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN BAHAN AJAR REDOKS DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional IPA VIII, Institusi Penyelenggara: Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES, ISSN: -, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2017-04-29, Diakhiri Tanggal: 2017-04-29, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Hotel Grasia, Semarang, Indonesia
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat Internasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
PROBLEM BASED LEARNING ON ENVIRONMENTAL CHEMISTRY WITH ARTICLE PRODUCTS TO IMPROVE STUDENT KNOWLEDGE
Nama Seminar: International Conference on Engineering Technology, Vocational Education and Social Science 2017 (IC, Institusi Penyelenggara: University Pendidikan Sultan Idris (UPSI)Perak, Malaysia, Dimulai Tanggal: 2017-08-29, Diakhiri Tanggal: 2017-08-30, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Convestion Hall, E-Learning Building, Universiti pendidikan Sultan Idris, Perak, Malaysia,

Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
THE EFFECTIVENESS OF ENRICHMENT TEST INSTRUMENTS DESIGN TO MEASURE STUDENTS' CREATIVE THINKING SKILLS AND PROBLEM SOLVING
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1871-1871, Nama Jurnal: Thinking Skills and Creativity, Penerbit Jurnal: Sciencedirect, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-02-14, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1871187118300294
PROBLEM BASED LEARNING ON ENVIRONMENTAL CHEMISTRY WITH ARTICLE PRODUCTS TO IMPROVE STUDENT KNOWLEDGE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1823-4690, Nama Jurnal: Journal of Engineering Science and Technology, Penerbit Jurnal: Taylor’s University, Malaysia, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-02-01, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://jestec.taylors.edu.my/Special%20Issue%20ICETVESS%202017.htm, Volume: 13, Nomor: Special Is, Edisi: 2018, Halaman: 23-30
Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks pada Database Internasional Bereputasi
CONSTRUCT VALIDITY AND RELIABILITY OF ATTITUDE TOWARDS CHEMISTRY OF SCIENCE TEACHER CANDIDATES
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2252-8822, Nama Jurnal: International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), Volume: 7, Nomor: 1, Halaman: 39-47, Penerbit Jurnal: nstitute of Advanced Engineering and Science ,Yogyakarta, Indonesia, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-03-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://www.iaescore.com/journals/index.php/IJERE/article/view/11138
Publikasi di Jurnal internasional terindeks pada database internasional
CONSTRUCT VALIDITY AND RELIABILITY OF ATTITUDES TOWARDS CHEMISTRY OF SCIENCE TEACHER CANDIDATES
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2252-8822, Nama Jurnal: International Journal of Educational Research Review (IJERE), Volume: Vol.7, No., Edisi: IJERE Vol. 7, No. 1, March 2018 : 39 – 47, Nomor: Vol 7 1, Halaman: 39-47, Penerbit Jurnal: Institute of Education Sciences ERIC, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-03-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: https://doaj.org
Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi (SINTA 1 dan SINTA 2)
INOVASI BAHAN AJAR REDOKS DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2252-6609, Nama Jurnal: Chemistry in Education, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 91-97, Penerbit Jurnal: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-04-04, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/14085
KEEFEKTIFAN SELF AND PEER ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA TERHADAP AKTIVITAS MAHASISWA
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2252-6609, Nama Jurnal: Chemistry in Education, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 1-8, Penerbit Jurnal: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-04-04, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1614
Publikasi di jurnal Nasional (SINTA 3 - SINTA 6)
EFISIENSI PENURUNAN KADAR LOGAM BERAT (CR DAN NI) DALAM LIMBAH ELEKTROPLATING SECARA ELEKTROKOAGULASI MENGGUNAKAN ELEKTRODA ALUMINIUM
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Indonesian Journal of Chemical Science , ISSN: 2252-6951, Volume: 7, Nomor: 1, Halaman: 28, Penerbit Jurnal: Jurusan Kimia UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-05-30, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijcs/article/view/18936, Edisi: Mei 2018
KEEFEKTIFAN SELF AND PEER ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA TERHADAP AKTIVITAS MAHASISWA
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chemistry in Education, ISSN: 2252-6609, Volume: 7, Nomor: 1, Halaman: 1-8, Penerbit Jurnal: Journal Unnes.ac.id, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-04-04, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1614
PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM PEMBELAJARAN MULTIPLE REPRESENTASI
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, ISSN: 2503-1244, Volume: 12, Nomor: 2, Halaman: 2192-2200, Penerbit Jurnal: Jurusan Kimia FMIPA UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-07-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15735, Edisi: 1
DESAIN MATERI AJAR HIDROLISIS TERINTEGRASI PRAKTIKUM DAN PENILAIANNYA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chemistry in Education, ISSN: 2252-6609, Volume: 7, Nomor: 1, Halaman: 47-55, Penerbit Jurnal: UNNES JOURNAL, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-09-12, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/15330, Edisi: 1
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chemistry in Education, ISSN: 2252-6609, Volume: 7, Nomor: 1, Halaman: 24-31, Penerbit Jurnal: Jurusan Kimia FMIPA Unnes, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-04-04, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/14455, Edisi: 2018
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
IDENTIFICATION OF STUDENTS BASIC SCIENCE PROCESS SKILLS ASSISTED OF PRACTICAL WORKSHEET BASED ON MULTIPLE REPRESENTATIONS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovation Science Education, ISSN: 2252.6412, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 107-113, Penerbit Jurnal: prodi Ipa Pasca Sarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-09-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/issue/view/1245
ANALYSIS OF MISCONCEPTION ON SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT CONSTANT (KSP) USING THREE -TIER MULTIPLE CHOICE TEST
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovative Science Education, ISSN: 2252.6412, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 122-129, Penerbit Jurnal: Prodi Ipa Pasca Sarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-10-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/issue/view/1245
IDENTIFICATION OC MISCONCEPTION ON BUFFER MATERIAL USING THREE-TIER TEST IN THE LEARNING OF MULTIPLE REPRESENTATION
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovation Science Education, ISSN: 2252.6412, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 95-100, Penerbit Jurnal: prodi Ipa Pasca Sarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-07-02, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/issue/view/1245
DESIGN OF MICROSCOPIC BOOK AND IMPROVING OF STUDENTS LEARNING OUTCOMES FOR REMIDIAL PROGRAM IN CLASS XI FOR BUFFER SOLUTION
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovation Science Education, ISSN: 2252.6412, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 2, Halaman: 258-266, Penerbit Jurnal: prodi Ipa Pasca Sarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-07-27, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/issue/view/1327
INSTRUMENT DESIGN DIAGNOSTIC TEST THREE TIER MULTIPLE CHOICE REDOX MATERIAL WITH REDOX DIAGNOSTIC TEST SOFTWARE (RDT)
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovation Science Education, ISSN: 2252.6412, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 2, Halaman: 190-199, Penerbit Jurnal: prodi Ipa Pasca Sarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-07-27, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/issue/view/1327
DEVELOPMENTOF INQUIRY-BASE CHEMISTRY LABORATORY SHEET ORIENTED TO GREEN CHEMISTRY F0R IMPROVING THE SCIENCE PROCESS SKILLS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovation Science Education, ISSN: 2252.6412, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 87-94, Penerbit Jurnal: Prodi Ipa Pasca Sarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-07-27, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/issue/view/1245
PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL TO ENHANCEMENT THE CRITICAL THINKING ABILITY AND CONFIDENCE OF STUDENTS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Primary Education, ISSN: 2502-4515, Volume: 7, Nomor: 3, Halaman: 288-293, Penerbit Jurnal: Pascasarjana Unnes, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-12-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/issue/view/1328/Table%20of%20Contents
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
CHARACTERISTIC ANALYSIS OF ESSAY TEST INSTRUMENTS FOR MEASURING HIGHER-ORDER THINKING SKILLS
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018), Institusi Penyelenggara: UNNES - ATLANTIS PRESS, ISSN: Part of series: ASSE, Dimulai Tanggal: 2018-08-07, Diakhiri Tanggal: 2018-08-08, Tempat Pelaksanaan: UTC Hotel, Semarang, Indonesia, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: WoS (Thomson), ISBN: 978-94-6252-648-8
Menulis artikel yang dimuat dalam prosiding internasional tetapi tidak diseminarkan
CHARACTERISTIC ANALYSIS OF ESSAY TEST INSTRUMENTS FOR MEASURING HIGHER-ORDER THINKING SKILLS
Nama Seminar: International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018), Institusi Penyelenggara: Atlantis Press, Dimulai Tanggal: 2018-09-01, Diakhiri Tanggal: 2018-09-01, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: -

Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks pada Database Internasional Bereputasi
THE ANALYSIS OF CONCEPT MASTERY USING REDOX TEACHING MATERIALS WITH MULTIPLE REPRESENTATION AND CONTEXTUAL TEACHING LEARNING APPROACH
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2089-4392, Nama Jurnal: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume: 8, Edisi: 2019, Nomor: 4, Halaman: 475-481, Penerbit Jurnal: Jurusan IPA Terpadu, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-12-31, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/18072
Publikasi di jurnal Nasional (SINTA 3 - SINTA 6)
DESIGN OF SUBMICROSCOPIC BOOK AND IMPROVING OF STUDENTS LEARNING OUTCOMES FOR REMEDIAL PROGRAM IN CLASS XI FOR BUFFER SOLUTION
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovative Science Education, ISSN: 2502-4523, Volume: 8, Nomor: 1, Halaman: 14-22, Penerbit Jurnal: Pascasarjana UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-04-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/26043
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
REQUIREMENT ANALYSIS OF PROJECT-BASED THEMATIC TEACHING MATERIAL DESIGN AS AN EFFORT OF CHARACTER EDUCATION REINFORCEMENT
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Primary Education, ISSN: 2252-6404, Volume: 8, Edisi: 2019, Nomor: 3, Halaman: 331-343, Penerbit Jurnal: Study Program Primary Education Postgraduate Universitas Negeri Semarang (UNNES), Tanggal Terbit Jurnal: 2019-12-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://doi.org/10.15294/jpe.v8i3
INSTRUMENT DESIGN TO MEASURE THE CRITICAL THINKING SKILL OF STUDENTS THAT PARTICIPATE IN CHEMISTRY NATIONAL SCIENCE OLYMPIAD
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovative Science Education, ISSN: 2502-4523, Volume: 8, Edisi: 2019, Nomor: 2, Halaman: 147 - 152, Penerbit Jurnal: Prodi IPA Pascasarjana Unnes, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-08-08, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/27839/12215
A MISCONCEPTION ANALYSIS OF BUFFER MATERIAL USING THREE TIER MULTIPLE CHOICE TEST ASSISTED BY CBT FOR SMAN 9 SEMARANG
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovative Science Education, ISSN: 2502-4523, Volume: 8, Edisi: 2019, Nomor: 2, Halaman: 1-10, Penerbit Jurnal: Prodi IPA Pascasarjana Unnes, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-08-07, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/32027/13880
DEVELOPMENT OF TEST INSTRUMENT TIMSS MODEL TO MEASURE MATHEMATICAL ABILITY VIII GRADE STUDENTS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Educational Research and Evaluation , ISSN: p-ISSN 2252-6455 e-, Volume: 8, Edisi: REGULER, Nomor: 1, Halaman: 73-83, Penerbit Jurnal: UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-03-10, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/32488
Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: REKAYASA Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, ISSN: [e-ISSN 2527-6964] , Volume: Vol 17, Edisi: Edisi 2019, Nomor: No 1, Halaman: 30-34, Penerbit Jurnal: LP2M Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-07-18, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/21656/9744
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
ANALYSIS OF STUDENTS’ CONCEPTUAL UNDERSTANDING ASSISTED BY MULTIREPRESENTATION TEACHING MATERIALS IN THE ENRICHMENT PROGRAM
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: UNNES International Conference On Research Innovation and Commercialization 2018, Institusi Penyelenggara: UNNES, ISSN: 2518-668X, Dimulai Tanggal: 2018-11-24, Diakhiri Tanggal: 2018-11-24, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-08-07, Tempat Pelaksanaan: The Wujil Resort and Convention, Ungaran, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
AN ANALYSIS OF STUDENTS CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF SUBMICROSCOPIC LEVEL IN SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT CONSTANT (KSP) USING THREE-TIER MULTIPLE CHOICE TEST
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: ICMSE, Institusi Penyelenggara: FMIPA UNNES, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2018-10-08, Diakhiri Tanggal: 2018-10-09, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-11-15, Tempat Pelaksanaan: Bali, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
INSTRUMENT DESIGN OF REMEDY TEST ASSISTED BY MULTIPLE REPRESENTATIONS USING COMPUTER-BASED TEST MODEL ON REDOX MATERIALS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: ICMSE, Institusi Penyelenggara: FMIPA UNNES, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2018-10-08, Diakhiri Tanggal: 2018-10-09, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-11-15, Tempat Pelaksanaan: Bali, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
ANALYSIS OF STUDENT CONCEPT UNDERSTANDING ON THE MATERIAL OF BUFFER SOLUTION USING THREE-TIER TEST ASSISTED BY MULTIPLE REPRESENTATION TEACHING MATERIALS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: ICMSE 2018, Institusi Penyelenggara: UNNES, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2018-10-09, Diakhiri Tanggal: 2018-10-10, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-11-15, Tempat Pelaksanaan: Bali, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
THE EFFECTIVENESS OF MULTIPLE REPRESENTATION ORIENTED LEARNING MATERIAL WITH PROJECT BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS' CHEMISTRY LEARNING OUTCOMES
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018), Institusi Penyelenggara: UNY, ISSN: 2352-5398, Dimulai Tanggal: 2018-08-30, Diakhiri Tanggal: 2018-08-31, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-07-10, Tempat Pelaksanaan: Hotel UNY, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya, ISBN: 978-94-6252-759-1

Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
PROFILE OF MISCONCEPTION IN PARTICULATE LEVEL OF ACID BASIC SUBJECTS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education 2019 (ICIEVE 2019), Institusi Penyelenggara: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), ISSN: 1757-899X, Dimulai Tanggal: 2019-11-26, Diakhiri Tanggal: 2019-11-26, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-05-18, Tempat Pelaksanaan: Mason Pine Hotel Bandung, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
USING OPEN REASONED THREE-TIER TEST TO IDENTIFY ACID-BASE CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 6th International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2019), Institusi Penyelenggara: Universitas Negeri Semarang, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2019-10-09, Diakhiri Tanggal: 2019-10-10, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-07-03, Tempat Pelaksanaan: Harris Hotel, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
A CONCEPTUAL MODEL OF THE INTEGRATED SCIENCE LEARNING QUALITY ASSURANCE
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Mathematics and Science Education 2019 (ICMScE 2019), Institusi Penyelenggara: FMIPA Universitas Negeri Semarang, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2019-10-09, Diakhiri Tanggal: 2019-10-10, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-07-03, Tempat Pelaksanaan: Semarang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus