Lispridona Diner S. Pd., M. Pd. Kembali


Nomor Induk Pegawai : 198004092006042001
Email : lisjoost@mail.unnes.ac.id
Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang
Fakultas : FBS
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala

Jenjang Program Studi Universitas Kota Negara Tahun Lulus
S1 Pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Manado Tondano Indonesia 2002
S2 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Indonesia 2005

EKSPLORASI BUDAYA LOKAL WUJUD KONSERVASI BUDAYA MELALUI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MENULIS BAHASA JEPANG TINGKAT MENENGAH
Tahun 2019, Penelitian Dosen Pemula Grade 1 (Fakultas)
MONITORING PELAKSANAAN PERKULIAHAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Tahun 2019, Penelitian Kelembagaan (Fakultas)
PERILAKU AISATSU MASYARAKAT JEPANG (STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWA JEPANG)
Tahun 2019, Penelitian Dosen Pemula Grade 2 (Fakultas)
PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KONSERVASI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA
Tahun 2018, Penelitian Kelembagaan (Fakultas)
YONKOMA MANGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TINGKAT DASAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES
Tahun 2017, Penelitian Dosen Pemula (Fakultas)
PENGEMBANGAN BUKU AJAR KAIWA BERMUATAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BAHASA JEPANG
Tahun 2017, Penelitian Produk Terapan


Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG BERASAL DARI JAWA DAN LUAR JAWA DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, ISSN: 2252-6250, Volume: 5, Edisi: JUli, Nomor: 2, Halaman: 26-29, Penerbit Jurnal: public knowledge project, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-14, Pengindeks Jurnal: Tidak Terindeks, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/15368
ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRAKTIKAN BAHASA JEPANG UNNES TAHUN 2015 DALAM MENGELOLA KELAS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chi'e: Journal of Japanese Learning and Teaching, ISSN: 2252-6250, Volume: 5, Edisi: JUli, Nomor: 2, Halaman: 30-32, Penerbit Jurnal: public knowledge project, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-26, Pengindeks Jurnal: Tidak Terindeks, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/15692
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
LEARNING INTRODUCTION TO CULTURAL STUDIES THROUGH THE MULTICULTURAL APPROACH
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: International Conference on Education, Literature, and Arts "Intercultural Communication Through Lan, Institusi Penyelenggara: Universitas Negeri Jakarta, ISSN: 2579-8847, Dimulai Tanggal: 2017-05-17, Diakhiri Tanggal: 2017-05-18, Tempat Pelaksanaan: Bung Hatta Building, 2nd Floor, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat Internasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
THE DEVELOPMENT OF KAIWA LESSON BOOK WITH THE CONTENT OF INDONESIAN CULTURE TO IMPROVE THE SPEAKING SKILL IN JAPANESE LANGUAGE
Nama Seminar: International Conference on Teacher Training Education and Education, Institusi Penyelenggara: Universitas Negeri Solo, Dimulai Tanggal: 2017-10-07, Diakhiri Tanggal: 2017-10-07, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Surakarta
PENGEMBANGAN BUKU AJAR KAIWA BERMUATAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA JEPANG
Nama Seminar: International Conference on Training and Education "Teacher Training and Education: Opportunities an, Institusi Penyelenggara: Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University, Dimulai Tanggal: 2017-10-07, Diakhiri Tanggal: 2017-10-07, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Surakarta
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat nasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
PENGENALAN ORIGAMI (SENI MELIPAT KERTAS) BERKARAKTER BUDAYA INDONESIA PADA KARANG TARUNA KELURAHAN SUKOREJO
Nama Seminar: Seminar Nasional Literasi Bahasa dan Sastra "Inovasi Pembelajaran Bahasa Asing Berciri Multikultural, Institusi Penyelenggara: Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang, Dimulai Tanggal: 2017-09-14, Diakhiri Tanggal: 2017-09-14, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Semarang

Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi (SINTA 1 dan SINTA 2)
THE COMMUNICATION STRATEGY USED BY JAPANESE LEARNER AT THE BASIC LEVEL
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2089-9823, Nama Jurnal: Journal of Education and Learning (EduLearn), Volume: 12, Edisi: february 2018, Nomor: 1, Halaman: 91-96, Penerbit Jurnal: universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-02-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/issue/view/546
Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
BUILDING CHARACTER CONSERVATION THROUGH ORIGAMI FOR JAPANESE LANGUAGE LEARNERS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Anterior Jurnal, ISSN: 1412-1395, Volume: 18, Edisi: Desember, Nomor: 1, Halaman: 1-6, Penerbit Jurnal: Universitas Muhamadiyah Palangka Raya, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-12-07, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior/article/view/402
ANALYSIS OF DIFFICULTIES STUDENT OF CLASS XI IPS SMA TARUNA NUSANTARA IN READING HIRAGANA
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: CHI'EJournal of Japanese Learning and Teaching , ISSN: 2252-6250, Volume: 6, Nomor: 2, Halaman: 64-67, Penerbit Jurnal: Platform & workflow by PKP, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-03-31, Pengindeks Jurnal: Tidak Terindeks, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/22593
ANALYSIS OF DIFFICULTIES JAPANESE LANGUAGE PROGRAM EDUCATION STUDENT IN IMPROVING STUDENT’S MOTIVATION AT TEACHING PRACTICE
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: CHI'EJournal of Japanese Learning and Teaching , ISSN: 2252-6250, Volume: 6, Nomor: 2, Halaman: 68-71, Penerbit Jurnal: Platform & workflow by PKP, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-03-31, Pengindeks Jurnal: Tidak Terindeks, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/22596
EFEKTIVITAS WORD MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA N 7 SEMARANG
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: CHI'EJournal of Japanese Learning and Teaching , ISSN: 2252-6250, Volume: 6, Nomor: 1, Halaman: 35-39, Penerbit Jurnal: Platform & workflow by PKP, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-01-31, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/22581
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
IMPLEMENTATION OF JAPANESE LANGUAGE WRITING EVALUATION ON STUDENT STUDIES PROGRAM JAPANESE LANGUAGE EDUCATION SEMARANG STATE UNIVERSITY
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Japanese Language Education, Literature and Culture, Institusi Penyelenggara: UPI dan Japan Foundation, ISSN: -259-8204, Dimulai Tanggal: 2018-09-08, Diakhiri Tanggal: 2018-09-09, Tanggal Terbit Prosiding: 2018-10-10, Tempat Pelaksanaan: UPI Bandung, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
Presentasi di seminar nasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
PENGGUNAAN KAMUS JEPANG ONLINE PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional Literasi Bahasa dan Sastra Asing III 2018, Institusi Penyelenggara: BSA FBS UNNES , Dimulai Tanggal: 2018-09-06, Diakhiri Tanggal: 2018-09-06, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Hotel Grasia Semarang, ISBN: 978-602-60877-3-7

Publikasi di Jurnal internasional terindeks pada database internasional
THE LEARNING OF SOCIAL MULTISTATUS CHARACTER GENRE TO IMPROVE POLITENESS IN JAVANESE LANGUAGE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2548-8457, Nama Jurnal: International Journal of Language Education, Volume: 3, Edisi: Oktober, Nomor: 2, Halaman: 9-19, Penerbit Jurnal: UNM , Tanggal Terbit Jurnal: 2019-10-01, Pengindeks Jurnal: Copernicus International, URL Artikel: https://ojs.unm.ac.id/ijole/article/view/8615
Publikasi di jurnal Nasional (SINTA 3 - SINTA 6)
PENGARUH EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 AMBARAWA
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chi’e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang , ISSN: e-ISSN 2685-6662 , Volume: 7, Edisi: Oktober, Nomor: 2, Halaman: 91-98, Penerbit Jurnal: PKP, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-10-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/30219
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat Internasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
EXPLORATION LOCAL CULTURE A CONSERVATION CULTURE THROUGH PROJECT BASED LEARNING TO INCREASE WRITING ABILITY JAPANESE THE SECONDARY LEVEL
Nama Seminar: International Conference Language and Language Teaching, Institusi Penyelenggara: Universitas Tidar Magelang, Dimulai Tanggal: 2019-10-12, Diakhiri Tanggal: 2019-10-12, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Grand Artos Hotel and Convention Magelang

Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
EFFORTS TO INCREASE LISTENING ABILITY THROUGH INTERACTIVE MULTIMEDIA ON DOKKAI LEARNING IN JAPANESE LANGUAGE EDUCATION PROGRAM OF UNNES
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2201-1323, Nama Jurnal: International Journal of Innovation, Creativity and Change, Volume: 10, Nomor: 12, Edisi: 2020, Halaman: 72-84, Penerbit Jurnal: Primrose Hall Publishing Group, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-02-13, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://www.ijicc.net/images/vol10iss12/101208_Diner_2020_E_R.pdf
Publikasi di jurnal Nasional (SINTA 3 - SINTA 6)
PERILAKU AISATSU MASYARAKAT JEPANG (STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWA JEPANG)
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chié, ISSN: 2685-6662 , Volume: 8, Edisi: 1, Nomor: 6, Halaman: 43-56, Penerbit Jurnal: Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-03-28, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/36194/15654
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN MENULIS BAHASA JEPANG SISWA MAN 1 MAGELANG DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Chi’e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang , ISSN: 2685-6662, Volume: 8, Edisi: Februari, Nomor: 1, Halaman: 64-67, Penerbit Jurnal: UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-03-28, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/36640/15656
EVALUASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MATA KULIAH NIHONJIJO DAN SEMINAR DESAIN SKRIPSI
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Jurnal Anterior , ISSN: p-ISSN: 1412-1395; e, Volume: 19, Edisi: Juni, Nomor: 2, Halaman: 1-6, Penerbit Jurnal: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-06-30, Pengindeks Jurnal: Sinta, URL Artikel: http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior/article/view/1458
PROSES PENGEMBANGAN DAYA KRITIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH NIHONJIJOU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: JOURNAL OF JAPANESE LANGUAGE EDUCATION & LINGUISTICS, ISSN: ISSN 2597-5277, Onli, Volume: 4, Edisi: Februari, Nomor: 1, Halaman: 1-10, Penerbit Jurnal: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-02-01, Pengindeks Jurnal: Sinta, URL Artikel: https://journal.umy.ac.id/index.php/jjlel/article/view/7985
Publikasi di Jurnal Nasional Biasa ber-ISSN (Belum Terakreditasi SINTA)
ANALISIS BENTUK KESALAHAN DALAM MENGARANG BAHASA JEPANG YANG DIPENGARUHI OLEH BAHASA PERTAMA
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Jurnal Lingua Aplicata, ISSN: 2597-6117/2598-0556, Volume: 3, Nomor: 1, Halaman: 56-67, Penerbit Jurnal: UGM, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-03-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: https://jurnal.ugm.ac.id/jla/article/view/53309
PROSES PENGEMBANGAN DAYA KRITIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH NIHONJIJOU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Japanese Language Education & Linguistics, ISSN: eISSN : 26150840 pI, Volume: 4, Edisi: Februari, Nomor: 1, Halaman: 1-10, Penerbit Jurnal: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-02-01, Pengindeks Jurnal: Lainnya, URL Artikel: https://journal.umy.ac.id/index.php/jjlel/article/view/7985
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
EXPLORATION LOCAL CULTURE A CONSERVATION CULTURE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING TO INCREASE WRITING ABILITY JAPANESE THE SECONDARY LEVEL
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Language and Language Teaching (iCCLT) , Institusi Penyelenggara: UNTIDAR, ISSN: 2593-7650, ISBN: 978-1-63190-226-0, Dimulai Tanggal: 2019-10-12, Diakhiri Tanggal: 2019-09-12, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-02-18, Tempat Pelaksanaan: Grand Artos Hotel & Convention Magelang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
Presentasi di seminar nasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA JEPANG KEMAMPUAN BERBICARA MENUJU REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 2019, Institusi Penyelenggara: Pascasarjana UNNES, ISSN: 2686-6404, Dimulai Tanggal: 2019-10-16, Diakhiri Tanggal: 2019-10-16, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-01-29, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Pascasarjana UNNES
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat nasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SAAT PANDEMI COVID 19
Nama Seminar: Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya dalam Masa Pandemi Covid 19, Institusi Penyelenggara: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang, Dimulai Tanggal: 2020-06-09, Diakhiri Tanggal: 2020-06-09, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Webinar