Dr. Parmin M. Pd. Kembali


Nomor Induk Pegawai : 197901232006041003
Email :
Program Studi : Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas : FMIPA
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala

Jenjang Program Studi Universitas Kota Negara Tahun Lulus
S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang Semarang Indonesia 2003
S2 Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang Semarang Indonesia 2005
S3 Pendidikan IPA Universitas Sebalas Maret Surakarta (UNS) Surakarta Indonesia 2017

ANALISIS INTERAKSI MAHASISWA TERHADAP AKSES PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Tahun 2019, Penelitian Kompetensi (Fakultas)
REKONSTRUKSI PENGETAHUAN ASLI MASYARAKAT DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL (3T) SEBAGAI KAJIAN ETNOSAINS YANG BERORIENTASI PADA KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM
Tahun 2019, Penelitian Unggulan PT - Dasar
MODEL PENGUATAN KELEMBAGAAN MELALUI PENGEMBANGAN PENELITIAN UNGGULAN DALAM RANGKA MENEGUHKAN PILAR KONSERVASI DAN REPUTASI UNNES MENDUNIA
Tahun 2019, Penelitian Kelembagaan (Fakultas)
ANALISIS INDEKS KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA DALAM PENGUATAN KELEMBAGAAN JURUSAN IPA TERPADU
Tahun 2018, Penelitian Kelembagaan (Fakultas)
PENGUKURAN INDEKS KARAKTER MAHASISWA SECARA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MUTU TATA KELOLA PEMBINAAN MAHASISWA
Tahun 2018, Penelitian Kelembagaan
REKONSTRUKSI PENGETAHUAN ASLI MENYUSUI PADA MASYARAKAT PESISIR PANTURA MELALUI PENERAPAN MODEL SCIENCE INTEGRATED LEARNING (SIL)
Tahun 2018, Penelitian Unggulan PT
KEEFEKTIFAN PROGRAM PENDIDIKAN BELA NEGARA TERHADAP KARAKTER DAN PRESTASI MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Tahun 2017, Penelitian Kelembagaan
PENGEMBANGAN ELECTRONIC DIAGNOSTIC TEST MISKONSEPSI SAINS MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Tahun 2017, Penelitian Dosen Pemula (Fakultas)
INTERNALISASI NILAI KONSERVASI DALAM PEMBINAAN MAHASISWA UNTUK OPTIMALISASI LULUSAN UNGGUL DAN BERKARAKTER
Tahun 2017, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi


Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
PERFORMANCE ASSESSMENT OF PRACTICUM WORKS: MEASURING THE SCIENCE STUDENT TEACHERS LOGICAL THINKING ABILITIES
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 0025-1569, Nama Jurnal: Man In India, Volume: 97, Nomor: 13, Edisi: June 2017, Halaman: 141-152, Penerbit Jurnal: serialsjournals, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-06-20, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://serialsjournals.com/journal-detail.php?journals_id=40
LOCAL WISDOM-BASED SCIENCE LEARNING MODEL THROUGH RECONSTRUCTION OF INDIGENOUS SCIENCE TO IMPROVE STUDENT’S CONSERVATIONIST CHARACTER
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1304-6020, Nama Jurnal: Journal of Turkish Science Education, Volume: 14, Nomor: 3, Edisi: September, Halaman: 16-23, Penerbit Jurnal: Turkey, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-09-01, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.tused.org/internet/tused/default13.asp
Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks pada Database Internasional Bereputasi
PENULIS KETIGA : LOCAL W?SDOM-BASED SC?ENCE LEARN?NG MODEL THROUGH RECONSTRUCT?ON OF IND?GENOUS SC?ENCE TO IMPROVE STUDENT’S CONSERVAT?ON?ST CHARACTER
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1304-6020, Nama Jurnal: Journal of Turkish Science Education, Volume: 14, Edisi: september 2017 (issue 3), Nomor: 3, Halaman: 16-23, Penerbit Jurnal: Journal of TURKISH SCIENCE EDUCATION, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-09-30, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.tused.org
SCIENCE INTEGRATED LEARNING MODEL TO ENHANCE THE SCIENTIFIC WORK INDEPENDENCE OF STUDENT TEACHER IN INDIGENOUS KNOWLEDGE TRANSFORMATION
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2089-4392, Nama Jurnal: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume: 6, Edisi: Oktober 2017, Nomor: 2, Halaman: 365-372, Penerbit Jurnal: Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-10-17, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/11276/6811
Publikasi di jurnal Nasional (SINTA 3 - SINTA 6)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS SALINGTEMAS PADA TEMA ENERGI
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2502-6232, Volume: 2, Edisi: online, Nomor: 2, Halaman: 295-301, Penerbit Jurnal: Jurusan IPA Terpadu, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-15, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/issue/archive
PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY TEMA EKOSISTEM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2502-6232, Volume: 3, Edisi: online, Nomor: 2, Halaman: 549-556, Penerbit Jurnal: Jurusan IPA Terpadu, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-15, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/issue/archive
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA TERPADU SUNDIAL FOTOTROPISME PADA TEMA GERAK UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS)
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2502-6232, Volume: 4, Edisi: online, Nomor: 2, Halaman: 823-827, Penerbit Jurnal: Jurusan IPA Terpadu, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-15, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/issue/archive
PENGARUH MEDIA KARTU PINTAR TUMBUHAN BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TEMA GERAK TUMBUHAN
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2252-6617, Volume: 5, Edisi: 2016, Nomor: 2, Halaman: 1278-1286, Penerbit Jurnal: Jurusan IPA Terpadu Universitas Negeri Semarang bekerjasama dengan PPII, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-02-28, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13150
PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA EKOSISTEM
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2502-6232, Volume: 4, Edisi: December 2015, Nomor: 3, Halaman: 1042-1048, Penerbit Jurnal: Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-12-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/8859
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
THE DEVELOPMENT OF SCIENCE MOBILE LEARNING WITH CONSERVATION VISION BASED ON ANDROID APP INVENTOR 2
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2252-6617, Volume: 6, Edisi: February 2017, Nomor: 1, Halaman: 1464-1471, Penerbit Jurnal: Unnes, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-02-28, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13179
THE EFFECTIVENESS OF HEAT TRANSFER PRACTICUM WITH CARD SORT MEDIA TO STUDENTS’ CRITICAL THINKING ABILITY
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2502-6232, Volume: 6, Edisi: July 2017, Nomor: 2, Halaman: 1638-1644, Penerbit Jurnal: Program Studi Pendidikan IPA UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-07-12, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
THE INFLUENCE OF SCHOOL ENVIRONMENT AS THE SOURCE OF LEARNING PROCESS UNDER THE THEME OF ECOSYSTEMS WITH PROBLEM BASED LEARNING MODEL TOWARDS SCIENTIFIC BEHAVIOR OF THE STUDENTS
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2502-6232, Volume: 6, Edisi: February 2017, Nomor: 1, Halaman: 1449-1456, Penerbit Jurnal: Program Studi Pendidikan IPA UNNES, Tanggal Terbit Jurnal: 2017-02-20, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Presentasi di seminar nasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
ANALISIS KONTEN DAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL KARIMUNJAWA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BERMUATAN ETNOSAINS MELALUI REKONTRUKSI PENGETAHUAN ILMIAH BERBASIS PENGETAHUAN SAINS MASYARAKAT
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional IPA VIII dengan "Inovasi Penelitian dan Pembelajaran IPA Berwawasan Konservasi", Institusi Penyelenggara: Jurusan IPA Terpadu kerjasama dengan Perkumpulan Pendidik IPA Inonesia (PPII), ISBN: 978-602-70197-3-7, Dimulai Tanggal: 2017-04-29, Diakhiri Tanggal: 2017-04-29, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: UNNES
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat Internasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
GUIDED INQUIRY AND LEARNING CYCLE EFFECT ON CONCEPTUAL CHANGE OF PROSPECTIVE TEACHER SCIENCE MISCONCEPTION
Nama Seminar: ASIA International Multidiciplinary Confeence (AIMC) 2017, Institusi Penyelenggara: Academia Society and Industry Alliance incollaboration with Innovation and Commercialisation Centre , Dimulai Tanggal: 2017-05-01, Diakhiri Tanggal: 2017-05-02, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Universiti Teknologi Malaysia, Johor Bahru Campus
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat nasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
PENGEMBANGAN ELECTRONIC DIAGNOSTIC TEST MISKONSEPSI SAINS BERBASIS WEB DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Nama Seminar: Seminar Nasional MIPA 2017, Institusi Penyelenggara: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, Dimulai Tanggal: 2017-10-21, Diakhiri Tanggal: 2017-10-21, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Auditorium 2 UIN Walisongo Semarang
STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN SAINS UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN ABAD 21 (CREATIVITY AND INNOVATION, CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING, COMMUNICATION, COLLABORATION/4C)
Nama Seminar: Seminar Nasional Pendidikan Sains, Institusi Penyelenggara: FKIP UNS, Dimulai Tanggal: 2017-10-26, Diakhiri Tanggal: 2017-10-26, Status: Keynote Speaker/Invited, Tempat Pelaksanaan: Pascasarjana UNS

Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
GRADUATE PERFORMANCE OF SCIENCE EDUCATION DEPARTMENT IN IMPLEMENTING CONSERVATION-BASED SCIENCE TEACHING
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1742-6596, Nama Jurnal: Journal of Physics, Volume: 1006, Nomor: 1, Edisi: International Conference on Science Education (ICoSEd), Halaman: 1-6, Penerbit Jurnal: IOP Publishing, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-04-25, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1006/1/012042
RETOOLING SCIENCE TEACHING ON STABILITY TOPIC FOR STEM EDUCATION: MALAYSIAN CASE STUDY
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1823-4690, Nama Jurnal: Journal of Engineering Science and Technology, Volume: 13, Nomor: 10, Edisi: 2018, Halaman: 3116-3128, Penerbit Jurnal: Taylor’s University, Malaysia , Tanggal Terbit Jurnal: 2018-10-15, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://jestec.taylors.edu.my/Vol%2013%20issue%2010%20October%202018/13_10_09.pdf
Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi (SINTA 1 dan SINTA 2)
PRE-SERVICE SCIENCE TEACHERS’ ABILITY IN RECONSTRUCTING LOCAL COMMUNITY’S INDIGENOUS KNOWLEDGE
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2443-3616, Nama Jurnal: Jurnal Pengajaran MIPA, Volume: 22, Edisi: 2018, Nomor: 2, Halaman: 113, Penerbit Jurnal: Faculty of Mathematics and Science Education (FPMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Tanggal Terbit Jurnal: 2018-06-20, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/index
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
THE EFFECTIVENESS OF SCIENCE COMIC ON THE MATERIALS OF SOUND AND HEARING BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TOWARD JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION AND OUTCOME
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Unnes Science Education Journal, ISSN: 2252-6617, Volume: 7, Edisi: 2018, Nomor: 1, Halaman: 111-122, Penerbit Jurnal: FMIPA Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2018-02-12, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/23867
Presentasi di seminar nasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TEMA KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP
Status Prosiding: Belum Terbit, Nama Seminar: Seminar Nasional IPA IX, Institusi Penyelenggara: Jurusan IPA Terpadu bekerja sama dengan PPII, ISBN: 978-602-5728-09-9, Dimulai Tanggal: 2018-04-22, Diakhiri Tanggal: 2018-04-22, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Hotel Grasia Semarang
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat Internasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
THE ANALYSIS OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) ON THE ORGANISM PHYSIOLOGY AND ANATOMY MATERIALS TO PROSPECTIVE SCIENCE TEACHERS
Nama Seminar: The 5th International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2018), Institusi Penyelenggara: FMIPA UNNES, Dimulai Tanggal: 2018-10-08, Diakhiri Tanggal: 2018-10-09, Status: Pemakalah Biasa, Tempat Pelaksanaan: Hotel Haris, Kuta, Bali - Indonesia

Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
EXPLORING THE INDIGENOUS KNOWLEDGE OF JAVA NORTH COAST COMMUNITY (PANTURA) USING THE SCIENCE INTEGRATED LEARNING (SIL) MODEL FOR SCIENCE CONTENT DEVELOPMENT
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2147-9518, Nama Jurnal: Journal for the Education of Gifted Young Scientists (JEGYS), Volume: 7, Nomor: 1, Edisi: 2019, Halaman: 71-83, Penerbit Jurnal: ERIC and TR DIZIN- ULAKBIM, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-03-12, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://www.jegys.org/admin/b_bilgi_dosya/dosya/jegys-2019-7-1-5.pdf
THE CHARACTER BUILDING OF PROSPECTIVE SCIENCE TEACHERS THROUGH A CONSERVATION COACHING
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1742-6596, Nama Jurnal: Journal of Physics, Volume: 1155, Nomor: 1, Edisi: 2019, Halaman: 1-6, Penerbit Jurnal: IOP Publishing Ltd, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-03-15, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1155/1/012067
THE APPLICATION OF STEM EDUCATION IN SCIENCE LEARNING AT SCHOOLS IN INDUSTRIAL AREAS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 1304-6020 , Nama Jurnal: Journal of Turkish Science Education , Volume: 16, Nomor: 2, Edisi: 2019, Halaman: 278-289, Penerbit Jurnal: ERIC and TR DIZIN- ULAKBIM, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-07-18, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: http://www.tused.org/internet/tused/archive/v16/i2/10-1240.pdf
PROSPECTIVE TEACHERS’ SCIENTIFIC LITERACY THROUGH ETHNOSCIENCE LEARNING INTEGRATED WITH THE INDIGENOUS KNOWLEDGE OF PEOPLE IN THE FRONTIER, OUTERMOST, AND LEAST DEVELOPED REGIONS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2477-2038, Nama Jurnal: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Volume: 5, Nomor: 2, Edisi: 2019, Halaman: 142-154, Penerbit Jurnal: Department of Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-11-22, Pengindeks Jurnal: WoS ESCI/ISI, URL Artikel: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/6257/4689
Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi (SINTA 1 dan SINTA 2)
PENGARUH PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED-GUIDED INQUIRY LEARNING BERKONTEKS ISU-ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN ASAM BASA TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMA KELAS XI
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2406-9205, Nama Jurnal: Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Volume: 5, Edisi: oktober 2019, Nomor: 2, Halaman: 1-6, Penerbit Jurnal: universitas negeri yogyakarta, Tanggal Terbit Jurnal: 2019-10-01, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/20693
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
THE ANALYSIS OF LECTURER PERFORMANCE INDEX ON STUDENT ACADEMIC SERVICE SATISFACTION TO REINFORCE THE INTEGRATED SCIENCES EDUCATION DEPARTMENT
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: INTERNATIONAL CONFERENCE ON ENVIRONMENTAL AND SCIENCE EDUCATION, Institusi Penyelenggara: INTEGRATED SCIENCE DEPARTMENT FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES SEMARANG STATE UNIVERSIT, ISBN: 978-602-5728-38-9, Dimulai Tanggal: 2019-04-27, Diakhiri Tanggal: 2019-04-27, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-05-27, Tempat Pelaksanaan: Hotel Grasia Semarang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
THE CHARACTER BUILDING OF PROSPECTIVE SCIENCE TEACHERS THROUGH A CONSERVATION COACHING
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: YSSTEE (Young Scholar Symposium On Trandiciplinary In Education And Environment) 2018, Institusi Penyelenggara: Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung, ISSN: 1742-6596, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2018-11-09, Diakhiri Tanggal: 2018-11-11, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-03-15, Tempat Pelaksanaan: Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
THE INFLUENCE OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) ON HEAT AND TRANSFER THEME TO STUDENT'S PROBLEM SOLVING SKILL AND SCIENTIFIC ATTITUDES
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Environmental and Science Education (ICESE) 2019, Institusi Penyelenggara: Department of Integrated SciencesFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Se, ISBN: 978-602-5728-38-9, Dimulai Tanggal: 2019-04-27, Diakhiri Tanggal: 2019-04-27, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-06-01, Tempat Pelaksanaan: Hotel Grasia, Semarang, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Lainnya
THE ANALYSIS OF PROSPECTIVE SCIENCE TEACHERS’ PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) ON LIVING ORGANISM PHYSIOLOGY AND ANATOMY COURSE
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Materials Science and Engineering (ICMSE), Institusi Penyelenggara: FMIPA UNNES, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2019-10-08, Diakhiri Tanggal: 2019-10-09, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-10-10, Tempat Pelaksanaan: Harris Hotel, Bali, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
FEASIBILITY TEST OF MOBILE LEARNING WITH SCHOOLOGY: EFFORTS TO FOSTER THE STUDENTS’ LEARNING INTEREST ON MAGNETISM
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: YSSTEE (Young Scholar Symposium On Trandiciplinary In Education And Environment), Institusi Penyelenggara: Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2019-03-09, Diakhiri Tanggal: 2019-03-10, Tanggal Terbit Prosiding: 2019-03-15, Tempat Pelaksanaan: Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus

Publikasi di Jurnal internasional bereputasi (terindek pada database internasional bereputasi dan berfaktor dampak)
INDONESIAN SCIENCE TEACHERS’ VIEWS ON ATTITUDE, KNOWLEDGE, AND APPLICATION OF STEM
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2149-360X, Nama Jurnal: Journal for the Education of Gifted Young Scientists, Volume: 8, Nomor: 1, Edisi: March 2020, Halaman: 17-31, Penerbit Jurnal: ERIC and TR DIZIN- ULAKBIM, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-03-12, Pengindeks Jurnal: Scopus, URL Artikel: https://jegys.org/admin/b_bilgi_dosya/dosya/jegys-8-1-2-647070.pdf
Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi (SINTA 1 dan SINTA 2)
THE INFLUENCE OF SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, ANDSOCIETY IN CREATIVE INDUSTRIES ON SCIENTIFIC-BASED BUSINESS DESIGNING SKILLS OF PRE-SERVICE SCIENCE TEACHERS
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2615-840X, Nama Jurnal: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Volume: 8, Edisi: 1, Nomor: 1, Halaman: 27-38, Penerbit Jurnal: Pendidikan IPA Studies Program, Postgraduate of Syiah Kuala University, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-04-02, Pengindeks Jurnal: Sinta, URL Artikel: https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/viewFile/15362/11818
THE MAPPING OF INDIGENOUS KNOWLEDGE OF PEOPLE AT 3T (FRONTIER, OUTERMOST, AND LEAST DEVELOPED) REGIONS AS AN ETHNOSCIENCE STUDY
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2579-7964, Nama Jurnal: Tadris, Volume: 5, Edisi: Juni 2020, Nomor: 1, Halaman: 1-10, Penerbit Jurnal: Jurnal keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-06-29, Pengindeks Jurnal: Sinta, URL Artikel: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/6168/pdf
THE RECONSTRUCTION OF INDIGENOUS KNOWLEDGE ABOUT GOLOBE (HORNSTEDTIA ALLIACEA) AS A NATURAL RESOURCE CONSERVATION STUDY FOR PROSPECTIVE TEACHERS’ SCIENTIFIC LITERACY
Progress Publikasi: Publish, ISSN: 2355-7893, Nama Jurnal: Al-Ta'lim Journal, Volume: 27, Edisi: Juli 2020, Nomor: 2, Halaman: 115-126, Penerbit Jurnal: UIN Padang, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-07-31, Pengindeks Jurnal: Sinta, URL Artikel: https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/610/338
Publikasi di jurnal nasional berbahasa Inggris/bahasa resmi PBB terindeks DOAJ
ENVIRONMENT MATERIAL INSCIENCE LEARNING USING PROBLEM BASED LEARNINGMODELWITH THESETS APPROACH IN TERMS OF STUDENTS’ACTIVITIESANDLEARNINGOUTCOMES
Progress Publikasi: Publish, Nama Jurnal: Journal of Innovative Science Education, ISSN: 2252-6412, Volume: 10, Edisi: 2020, Nomor: 1, Halaman: 43-49, Penerbit Jurnal: Universitas Negeri Semarang, Tanggal Terbit Jurnal: 2020-03-20, Pengindeks Jurnal: DOAJ, URL Artikel: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/38028/15618
Presentasi di seminar internasional dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
REMEDIATION OF MISCONCEPTION ON STRAIGHT LINE MOTION CONCEPT USING GUIDED INQUIRY MODEL ASSISTED BY STUDENT WORKSHEET BASED ON SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) ON JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: International Conference on Mathematics and Science Education 2019 (ICMScE 2019), Institusi Penyelenggara: UPI Bandung, ISSN: 1742-6596, ISBN: -, Dimulai Tanggal: 2019-06-29, Diakhiri Tanggal: 2019-06-30, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-05-23, Tempat Pelaksanaan: UPI Bandung, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
THE ANALYSIS OF ARTICLE CITATION IN SCIENCE EDUCATION JOURNALS
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 6th International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2019), Institusi Penyelenggara: Universitas Negeri Semarang, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2019-10-09, Diakhiri Tanggal: 2019-10-10, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-07-03, Tempat Pelaksanaan: Semarang, Indonesia, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
PRE-SERVICE SCIENCE TEACHERS' ENHANCEMENT OF ENVIRONMENTAL CARE BEHAVIOR THROUGH CONSERVATION-BASED GREEN LEARNING METHODS (GELEM)
Status Prosiding: Sudah Terbit, Nama Seminar: 6th International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2019), Institusi Penyelenggara: Universitas Negeri Semarang, ISSN: 1742-6596, Dimulai Tanggal: 2019-10-09, Diakhiri Tanggal: 2010-10-10, Tanggal Terbit Prosiding: 2020-07-03, Tempat Pelaksanaan: Semarang, Indonesia, Status Partisipasi: Pemakalah Biasa, Pengindeks Prosiding: Scopus
Presentasi di seminar/simposium/lokakarya tingkat nasional tetapi tidak dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan
PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PUBLIKASI DARI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI
Nama Seminar: Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek V, Institusi Penyelenggara: UMS, Dimulai Tanggal: 2020-07-11, Diakhiri Tanggal: 2020-07-11, Status: Keynote Speaker/Invited, Tempat Pelaksanaan: Online via Zoom